Gangan: Sup Ikan khas Belitong


Gangan, sup ikan berwarna kuning dengan kuah yang asam gurih, sangat identik dengan kehidupan masyarakat Belitong di meja makan.

Hampir setiap hari ibu-ibu rumah tangga di Belitong membuat masakan ini, dengan berbagai macam varian masakan Gangan yang ada. Gangan mulai terkenal ke luar Belitong seiring dengan pesatnya kemajuan pariwisata Belitong.

Banyak yang penasaran bagaimana masakan ini dibuat, dan apa saja jenis nya. Tulisan ini akan membahas Gangan yang semakin hari semakin populer itu.
Jika anda bewisata ke Belitung janganlah terpaku dengan stereotype makanan jakarta dimana kalau ada ikan, pasti minta nya dibakar. Kalau anda ke Belitong, cobalah Gangan. Masakan ini adalah sup ikan dengan kuah kuning dari bahan kunyit dengan irisan nanas muda untuk membuat nya menjadi lebih segar.

Tidak semua orang suka sop ikan, alasannya amis. Begitu juga gangan jika menggunakan ikan sembarangan. Jika anda pertama kali mencoba gangan pesanlah Gangan Ikan Kepala Ketarap. Memang ikan ini yang termahal di Belitong saat ini, tapi rasanya luar biasa, tidak ada amis sama sekali. Jika ingin yang sedikit lebih murah, pesan saja Gangan Ikan Kerisi (ikan Terisi). Jangan lupa menggunakan potongan nanas muda agar rasanya menjadi segar.

Hal lain yang membuat gangan menjadi lebih segar adalah tergantung cabe yang digunakan. Cabe rawit asli Belitung adalah yang paling pas, karena aromanya sangat kuat dan segar. Gangan sebaiknya dimasak menggunakan cabe rawit merah (bukan hijau). Jika ikan yang ingin anda masak gangan tergolong ikan berbau amis, biasanya ikan-ikan yang hidup di terumbu karang, maka gunakanlah cabe lebih banyak, karena semakin pedas gangan anda semakin hilang rasa amis nya.

Ibu-ibu penasaran dengan resepnya. Berikut ini tata cara membuat Gangan:

Bahan baku:
ikan segar, pastikan daging nya masih kenyal, mata bening, insang merah. Jenis ikan yang biasa dimasak gangan: kepala ketarap, ikan ilak, ikan kerisi (terisi), ikan bebulus, ikan ekor kuning, ikan belanak, bahkan di Belitung banyak yang gemar gangan ikan pari dan ikan hiu.

Sayuran penyedap:
nanas muda yang masih asam, diiris kecil-kecil. Tidak semua ikan cocok dimasak dengan nanas. Biasanya yang dimasak dengan sayur nana adalah ikan ketarap, ilak, terisi, bebulus dan belanak.

Bumbu-bumbu:
kunyit seujung jari, lengkuas setengah ujung jari, bawang merah, sedikit bawang putih, cabe rawit, sedikit terasi, garam, asam jawa (jika tidak menggunakan nanas), gula pasir.

Cara masak:
-lengkuas dipotong kecil-kecil, ditumbuk halus bersama kunyit, 3-4 siung masukkan bawang merah dan cabe rawit tumbuk sampai halus. Masukkan sedikit terasi bakar dan garam.

-Masukkan ikan yang sudah dipotong-potong ke dalam panci isi air secukupnya dan masukkan bumbu yang sudah ditumbuk. Panaskan hingga mendidih dan masukkan irisan nanas atau asam jawa, bawang putih yang dipecahkan, sedikit gula pasir.

Gangan siap disantap.

sumber : www.belitungisland.com

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *