Cara Merawat Busi Motor


Berhubungan dengan artikel sebelumnya tentang cara mengatasi busi mati di tengah jalan. Tulisan kali ini mengenai cara perawatan busi, moga-moga bisa menghindari busi mati di tengah jalan. Fungsi dari busi adalah sebagai alat untuk memercikkan api listrik guna membakar campuran gas pada ruang pembakaran. Percikan ini diperoleh dari tegangan tinggi yang dihasilkan oleh ignition coil. Tanpa percikan bunga api yang dihasilkan busi, mesin tidak akanbekerja.
Agar mesin bekerja prima, sebaiknya anda rajin memperhatikan kondisi busi dengan cara membersihkannya dari kotoran dan sisa pelumas.
Caranya:

1> Buka penutup busi, periksa kondisinya apakah masih dalam keadan baik atau tidak
2> Bersihkan daerah sekitar lubang busi dengan kain bersih
3> Lepaskan busi dengan menggunakan kunci busi, periksa kondisi businya. Jika busi kering dan berkerak abu-abu, itu tandanya pembakaran mesin motor anda masih berjalan baik.Namun jika busi terlihat basah dan keraknya berwarna hitam, artinya pembakaran didalm motor anda kurang sempurna.
4> Untuk memudahkan pembersihan, rendamlah busi dalam bensin atau minyak tanah, kemudian bersihkan busi dan keringkan dengan kain yang bersih
5> Periksa celah antara elektroda, Kembalikan pada posisi normal sesuai buku petunjuk. Pada umumnya celah elektroda berjarak 0.8mm sampai 1.2mm
6> Setelah busi selesai dibersihkan, masukkan kmabli ketempatnya secara hati-hati. Jangan memasang busi terlalu keras. Sebab bisa mengakibatkan busi akan sulit dilepas kembali atau bisa pula merusak ulir pada lubang mesin.

Lakukan perawatan secara teratur agar proses pembakaran selalu optimal.

Similar Posts:

One Reply to “Cara Merawat Busi Motor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *