Cara Membuat Tambulampot yang Cantik dan Bermanfaat


Pernahkah Anda melihat tanaman jeruk kerdil dalam pot, tetapi berbuah lebat dan unik? Itulah tambulampot yang merupakan singkatan dari tanaman buah dalam pot, yang tingginya tak lebih dari empat kali tinggi pot-nya.

Menurut Guntoro, staf ahli perkebunan Mekarsari, dalam acara Green Community 25 Tahun PT KAO di Kelurahan Cikoko, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (18/12/2009), merawat tambulampot lebih mudah dibanding merawat pohon besar tanpa pot.

Ada beberapa langkah sederhana untuk membuat tambulampot yang disampaikan Guntoro dalam kesempatan tersebut.

1. Buatlah media tanam dalam pot plastik ringan yang terdiri dari tanah, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 1:2:3. Kemudian, pilihlah bibit tanaman yang rajin berbuah, seperti jeruk, jambu air, atau belimbing. Yang perlu diingat, bibit harus berasal dari hasil cangkok atau sambungan. Bukan dari biji.

2. Setelah bibit ditanam dan tumbuh lebat, lakukanlah perawatan akar dan daun.

– Untuk perawatan akar, jika tanah dalam pot sudah terasa padat dan keras, maka artinya pot sudah penuh dengan akar. Untuk itu, pangkaslah akar agar tumbuhan tetap tumbuh kerdil dalam media yang sama. Jika tidak dipangkas, maka tanaman harus dipindahkan dalam media yang lebih besar.

– Untuk perawatan daun, lakukanlah pemangkasan ujung-ujung daun agar tinggi pohon dan pot tetap proporsional. Setelah pemangkasan, tanaman sebaiknya disimpan di tempat yang teduh agar tidak stres. Jangan lupa memberi pupuk yang dimasukkan dalam tanah, dan jangan menyebar pupuk di atas permukaan tanah karena pupuk akan menguap dan terkontaminasi udara luar.

3. Lakukan penanggulangan hama. Sering kali tambulampot terserang ulat atau hama putih pada daun dan batangnya. Untuk itu, basmilah hama dengan pestisida alami yang terbuat dari bawang putih, cabai merah, atau daun pepaya yang lebih ramah lingkungan dari bahan kimia. Selanjutnya, tanaman hanya perlu disiram serta perawatan akar dan daun secara berkala.

sumber: Kompas.com

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *