Menanam Kangkung Hidroponik Tanpa Media Tanam

Assalamualaikum
Hallo gais…

Lagi bingung ngisi weekend nya buat apa?
Yuuk cobain menanam kangkung dari pada pusing mikirin bahwa besok udah senin lagi bha bha bha… curcoooll
Kali ini saya akan berbagi tentang menanam kangkung secara hidroponik, tentunya tidak membutuhkan tanah sehingga bisa dilakukan bagi kita yang tidak mempunyai lahan yang luas. Lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida. Lebih simple karena tanpa media tanam seperti rockwoll, hidroton, dll…Dan,,,tentu saja lebih menyenangkan dan bikin relax mengamati pertumbuhannya dari hari ke hari….
OOkeeeh..let’s go to TKP

Alat yang dibutuhkan:

Baskom untuk menampung nutrisi

Baskom berlobang

Catatan: ketinggian baskom berlobang harus lebih pendek dari baskom nutrisi, ukuran panjang dan lebarnya cari yang pas agar tidak ada celah saat digabungkan dan agar lebih rapi. Kemaren nemu setelah berburu di beberapa toko alat rumah tangga 🙂

Kain planel untuk penyemaian

Proses Penyemaian:

Rendam bibit kangkung dengan air hangat selama sekitar 2 jam, buang bibit yang mengapung karena pertumbuhannya tidak akan bagus.

Setelah itu, letakkan bibit di atas kain planel,

Tutup kainnya

dan siram lagi dengan air hangat dan diamkan ditempat yang terlindung cahaya matahari selama 24 jam (sampai bibit mulai pecah seperti gambar dibawah)

Bibit mulai pecah

Proses Penanaman:

Letakkan baskom berlobang diatas baskom nutrisi, taburkan benih yang mulai berkecambah diatas baskom berlobang.
Lalu isilah baskom nutrisi dengan air sampai ketinggian air mencapai dasar baskom berlobang (benih terendam sedikit saja)

Tutuplah dengan plastik hitam agar agar tidak terkena matahari langsung selama 1-2 hari sampai kecambah mulai tinggi dan akar mulai muncul

Plastik hitam sudah bisa dibuka

Saatnya menambahkan nutrisi. Tambahkan nutrisi A kedalam air (5ml untuk setiap liter air) lalu aduk dan tambahkan lagi nutrisi B kedalam air (5ml untuk setiap liter air) lalu aduk lagi.




Proses Pembesaran:

Monitor ketinggian air setiap hari agar tetap dicapai oleh akar. Untuk menambahkan nutrisi, gunakan tetap 5ml Nutrisi A dan 5ml Nutrisi B untuk setiap 1 liter air

La la laa….kangkung siap dipanen setelah 4-5 minggu

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *