Yuk Membuat Lilin Aroma

Membuat lilin itu mudah. Aktivitas ini adalah perkara kreativitas yang membutuhkan material yang tidak banyak dan sedikit imajinasi. Toko-toko penjual peralatan hobi menyediakan kebutuhan dasar. Jadi tak perlu takut mencoba. Inilah tahapan sederhana cara membuat lilin versi hobbycraft.co.uk

Bahan-bahan yang diperlukan :

1. Wax–pilih yang premium, dalam bentuk jel, wax lebah atau krim

2. Stearin–elemen ini berfungsi sebagai pengeras wax yang gampang meleleh sehingga memperendah tipe wax yang tahan dengan temperatur tinggi

3. Sumbu untuk lilin

4. Pewarna tersedia dalam berbagai pilihan dan bisa dicampur

5. Parfum untuk aroma

6. Cetakan–bisa terbuat dari plastik, logam atau tanah liat

Langkah pembuatan :

1. Mempersiapkan cetakan dan sumbu

Pilihlah cetakan dari berbagai bentuk dan ukuran dan pastikan di dalamnya bersih tanpa bercak atau noda yang memungkinkan mempengaruhi lilin anda.

Pilih ukuran sumbu yang tepat. Semakin besar cetakan maka anda bisa menggunakan sumbu ukuran tebal, begitu pula sebaliknya. Potong panjang sumbu paling sedikit lima centimeter lebih panjang dari cetakan. Ulur sumbu ke tengah cetakan dan buat simpul pengaman di luar cetakan yang bisa anda lilitkan di stik es krim misalnya. (lihat gambar)

Simpul harus tepat berdiri tegak di tengah cetakan tapi tidak tegang atau terlalu molor.

2. Melelehkan Wax dan Persiapan

Wax atau lilin dalam bentuk parafin akan meleleh di bawah titik didih air. Bila anda tidak memiliki panci khusus lilin, maka siapkan dua wajan teflon tua kecil yang satunya pas di dalam dari wajan lainya.

Didihkan air di wajan lebih besar. Lalu tempatkan parafin di wajan lebih kecil sekitar 500 gram. Letakkan wajan kecil di atas wajan besar dan jaga api tetap kecil.

Jangan tinggalkan panci anda begitu parafin mulai meleleh. Terus cek ketinggian air di wajan lebih besar. Ketika wax sepenuhnya meleleh tambahkan stearin untuk meningkatkan kualitas pembakaran lilin

Takarannya. 1 stearin : 10 bagian parafin.

Penting : Bila parafin terpercik ke api saat melehkan, langsung matikan kompor dan tutup api dengan kain basah. Jangan gunakan air untuk mematikan air dan JANGAN pernah panaskan parafin di atas 90 derajat celsius.

3. Pewarnaan dan Pemberian Aroma

Tambahkan pewarna sedikit demi sedikit tepat sebelum panci diangkat dari kompor. Sebagai panduan, 25 persen dari satu lembar pewarna lilin sudah bisa membuat cerah 500 gram campuran lilin dan stearin.

Selanjutnya yakni memberi aroma. Cukup tuangkan 2,5 ml aroma ke cairan 500 gr lilin+stearin. Bentuk aroma kadang tersedia dalam blok atau cair. Minyak pot-pourri atau minyak esensial bisa juga digunakan. Aduk campuran lalu angkat dari kompor. Jangan sampai cairan lilin anda mendidih atau menggelembung.

4. Penuangan.

Hangatkan cairan lilin+stearin sedikit. Jauh lebih mudah bila anda menuangnya terlebih dahulu ke dalam gelas ukur atau tempat semacam teko lalu tuang ke cetakan.

Bila perlu putar cetakan sedikit demi sedikit saat menuang. Cara ini mencegah pembentukan gelembung udara. Tuang lilin ke cetakan hingga hampir menyentuh batang penyokong sumbu.

5. Penyelesaian.

Begitu cairan mendingin, maka akan ia akan mulai berkontraksi dan melepaskan area dasar cetakan. Celah ini bisa anda isi kembali dengan menuangkan cairan panas.

Begitu semua membeku betul, hilangkan penyegel cetakan dan potong sumbu sedekat mungkin dengan simpul. Keluarkan lilin dari cetakan. Bila lilin anda susah keluar, letakkan ke dalam kulkas elama 15 menit atau tempatkan cetakan yang masih berisi lilin ke air panas beberapa saat.

Saat lilin anda sudah keluar, rapikan sumbu, ratakan bagian bawah lilin dengan menggosok. Bersihkan semua peralatan. Biarkan lilin anda benar-benar mengeras sekurangnya 24 jam sebelum anda menyalakan.

sumber : hobbycraft.co.uk dan Republika.co.id

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *